Tips Dan Tricks

  • Ganti HTTP Ke HTTPS di Custom Domain

    Sebelumnya saya juga menulis tentang bagaimana cara setting custom domain di cloudflare, nah kali ini saya akan melanjutkan ke bagian selanjutnya yaitu bagaimana cara setting SSL HTTPS di Cloudflare. Blog yang memiliki protokol https di nilai lebih aman dari visitor dan juga merupakan salah satu syarat untuk valid AMP HTML.

    Google sebenarnya sudah menyediakan layanan HTTPS gratis untuk semua blog yang berada di bawah naungan Blogspot, yang artinya apabila kita menggunakan sumbdomain dari blogspot otomatis kita langsung bisa stting https langsung di dashboard blogger. Namun ini tidak berlaku untuk Custom Domain atau TLD, karena sudah jelas tercantum pada peraturan dari blogspot itu sendiri.

    Namun jangan khawatir karena untuk ganti HTTP ke HTTPS di custom domain bisa kita lalukan di Claoudflare, berikut langkah langkah cara pasang dan aktifkan SSL di blogger yang menggunakan Custom Domain :

    1. Setting DNS di Cloudflare, DNS adalah domain name server merupakan sebuah standard dalam teknologi untuk mengatur penamaan sebuah situs atau domain internet. Baca : Cara Setting Name Server Di Cloudflare.


    2. Apabila DNS anda sudah aktif di Cloudflare, maka kita akan ke langkah selanjutnya yaitu mengganti HTTP menjadi HTTPS.

         1. Pada menu utama Cloudflare pilih CRYPTO, dan di samping kanan anda rubah menjadi Flexibel. Lihat gambar di bawah.


         2. Selanjutnya pada langkah kedua anda pilih "Caching" dan ganti pengatuaran Purge Individual filedengan memilih Purge Everyting.


         3. Langkah selanjutnya pilih "Page Rules" dan anda pilih lagi Create Page Rule yang ada di kanan bawah.


    4. Seletah anda pilih Create Page Rule akan muncul menu Popup, masukkan nama domain anda di akhiri dengan tanda bintang. Contoh : http://www.domainanda.com/*,  kemudian di bawahnya pilih Always Use HTTPS. dan klik Save And Deploy.


         5. Langkah selanjutnya atau yang terakhir pilih "Firewall" dan di pengaturan Scurity Lavel anda pilih Low.


         6. Selesai, sekarang SSL anda sudah di ganti dari HTTP menjadi HTTPS.

    3. Ada bebera hal yang harus di perhatikan setelah mengganti SSL HTTP ke HTTPS.

    Cek semua URL anda pada EDIT HTML dan LINK POSTINGAN dan GAMBAR POSTINGAN pastikan semua yang berawal dari HTTP di ganti HTTPS.

    Submit Ulang Pada Search Console Google dan Bing Webmaster untuk indek ulang semua postingan anda.